Senin, 07 Mei 2012

Resensi Buku: Memecahkan Masalah yang belum Terpecahkan


Judul: Lima Masalah Terbesar Sains yang Belum Terpecahkan ( Five Biggest Unsolved Problems in Science)
Penulis: Arthur W. Wiggins dan Charles M. Wynn
Penerbit: Wiley Publishing, Inc
Tahun terbit: 2004
Tebal buku: 235 halaman
Arthur W. Wiggins adalah profesor fisika di Oakland Community College, Michigan. Sedangkan Charles M. Wynn adalah seorang profesor kimia di Eastern Connecticut State University. Keduanya telah menerima beberapa penghargaan “ Guru Terbaik” dan telah menulis buku-buku sains dan berbagai artikel jurnal. Buku “ The Five Biggest Unsolved Problems in Science karangan Wiggins dan Wynn, yang juga diterbitkan oleh Wiley telah diterjemahkan ke dalam tujuh bahasa.
Buku ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki buku lain, antara lain, buku ini mengajak pembaca untuk ikut berfikir untuk memecahkan masalah bersama, buku ini juga memaparkan asal-usul masalah sains tersebut secara jelas walaupun terkadang sulit dipahami Karena bahasa yang digunakan lumayan tinggi, seperti mekanika kuantum, fisika relativitas, dark matter, proteome, dan lain-lain, untuk orang awam pasti tidak mengerti apa arti dan penjelasan istilah- istilah tersebut.
Buku ini berisi tentang lima masalah terbesar sains yang belum terpecahkan, yaitu:
1.Fisika: Mengapa beberapa partikel mempunyai massa, sedangkan beberapa partikelnya tidak. Yang dimaksud disini adalah beberapa partikel seperti netron, proton, dan electron memiliki massa, sedangkan foton dan gluontidak mempunyai massa. Mengapa bisa begitu, ada beberapa hipotesis, salah satunya adalah medan Higgs, yang menjelaskan bahwa penyebab massa adalah jika sebuah partikel melewati medan Higgs maka akan timbul massa, dan massa masing masing partikel tersebut juga bergantung pada sifat masing- masing partikel, dan sampai sekarang hipotesis ini masih dicari kebenaranya
2.Kimia: Melalui rangkaian kimia apa atom-atom membentuk makhluk hidup pertama. Masalah ini intinya tentang asal usul makhluk hidup pertama. Kenapa bisa muncul dari benda tak hidup? Pasti ada suatu reaksi kimia dengan waktu yang tepat, bahan yang tepat, suhu yang tepat, dan masih banyak lagi variable yang mempengaruhi.
3.Biologi: Apakah fungsi lengkap dan struktur proteome?
4. Apakah prakiraan cuaca jangka panjang itu mungkin?
5. Mengapa alam semesta mengembang semakin cepat? Dalam masalah ini ada beberapa hipotesis, salah satunya yaitu dark matter atau materi gelap. Materi gelap merupakan penyusun hamper 70% alam semesta, dan sisanya adalah materi-materi yang dapat diamati. Ya, materi gelap tidak dapat diamati tetapi diduga dapat dideteksi dari interaksi objek disekitarnya yang menyebabkan alam semesta mengembang dipercepat! Sampai sekarang para ilmuwan masih meneliti keberadaan materi gelap ini.
Walaupun menarik sekali, sayangnya buku ini mungkin lumayan sulit untuk dipahami orang awam yang tidak karena menyangkut ilmu pengetahuan tingkat tinggi. Walaupun begitu buku ini wajib dibaca bagi orang-orang yang suka berfikir dan merenung, dan bisa juga sebagai sumber inspirasi dan pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar