Jumat, 13 April 2012

Bantahan NASA Tentang 2012 Adalah Akhir Dunia

Berikut cuplikan wawancara ilmuwan NASA menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai 2012. Seperti lansir disitus nasa.gov
Pertanyaan (T): Apakah ada ancaman terhadap Bumi pada 2012? Banyak situs-situs internet mengatakan bahwa dunia akan berakhir pada bulan Desember 2012.
Jawaban (J): Tidak ada yang buruk akan terjadi dengan Bumi pada tahun 2012. Planet kita telah berada dengan baik selama lebih dari 4 milyar tahun, dan dapat dipercaya ilmuwan di seluruh dunia tahu tidak ada ancaman yang terkait dengan 2012.
T: Apakah asal-usul ramalan bahwa dunia akan berakhir pada tahun 2012?
J: Cerita dimulai dengan mengklaim bahwa Nibiru, sebuah planet yang diduga ditemukan oleh bangsa Sumeria, adalahuntuk Mei 2003, tetapi ketika tidak ada yang terjadi pada tanggal kiamat itu dijadikan Desember 2012. Kemudian kedua dongeng terkait dengan akhir dari salah satu siklus dalam kalender Mayamatahari musim dingin pada tahun 2012 – maka kiamat yang diperkirakan tanggal 21 Desember 2012.



T: Apakah kalender Maya berakhir pada Desember 2012?
J: Sama seperti kalender yang Anda miliki di dinding dapur Anda tidak berhenti ada setelah tanggal 31 Desember, kalender Maya tidak berhenti untuk eksis pada 21 Desember 2012. Tanggal ini adalah akhir – periode panjang penghitungan Maya tetapi kemudian – sama seperti kalender Anda dimulai lagi pada 1 Januari – penghitungan periode panjang lain dimulai untuk kalender Maya.

T: Dapatkah fenomena yang terjadi di mana planet sejajar dengan cara yang berdampak pada Bumi?
J: Tidak ada pensejajaran planet dalam beberapa dekade, Bumi tidak akan menyeberang bidang galaksi pada tahun 2012, dan bahkan jika pensejajaran ini harus terjadi, efeknya terhadap Bumi akan diabaikan. Setiap bulan Desember, bumi dan matahari sejajar dengan perkiraan pusat Galaksi Bima Sakti, tetapi bahwa ini merupakan acara tahunan tidak ada konsekuensinya.

- Don Yeomans, peneliti senior ilmuwan NASA
“Ada rupanya yang banyak tertarik pada benda-benda angkasa, dan lokasi dan lintasan pada akhir tahun kalender 2012. Sekarang, saya untuk satu cinta buku bagus atau film sebanyak orang berikutnya. Tapi barang-barang itu terbang sekitar melalui dunia maya, TV dan film-film ini tidak berdasarkan pada ilmu pengetahuan. Bahkan ada rilis berita NASA palsu di luar sana … “

T: Apakah ada planet atau katai cokelat yang disebut Nibiru atau Planet X atau Eris yang mendekati Bumi dan mengancam planet kita dengan kehancuran yang luas?
J: Nibiru dan cerita-cerita lain tentang planet yang tidak teratur adalah tipuan Internet. Tidak ada dasar faktual bagi klaim ini. Jika Nibiru atau Planet X itu benar-benar dan menuju sebuah pertemuan dengan Bumi pada tahun 2012, para astronom akan telah melacak untuk setidaknya satu dekade terakhir, dan akan terlihat sekarang dengan mata telanjang. Jelas, itu tidak ada. Eris adalah nyata, tetapi merupakan planet kerdil Pluto mirip dengan yang akan tetap berada di luar tata surya, yang terdekat dapat datang ke bumi adalah sekitar 4 milyar mil.

T: Apa teori pergeseran kutub? Apakah benar bahwa kerak bumi melakukan rotasi 180 derajat sekitar inti dalam hitungan hari kalau bukan jam?
J: Sebuah pembalikan dalam rotasi bumi tidak mungkin. Ada gerakan-gerakan lambat dari benua (misalnya Antartika berada di dekat khatulistiwa ratusan juta tahun yang lalu), tetapi itu tidak relevan dengan klaim kebalikan dari kutub rotasi. Namun, banyak dari website bencana memancing dan mengubah untuk membodohi orang. Mereka mengklaim hubungan antara rotasi dan polaritas magnetik Bumi, yang nyata berubah tidak beraturan, dengan pembalikan magnetik yang terjadi setiap 400.000 tahun rata-rata. Sejauh yang kami ketahui, seperti pembalikan magnet tidak menyebabkan kerugian bagi kehidupan di Bumi. Sebuah pembalikan magnetik sangat tidak mungkin terjadi dalam beberapa milenium bagaimanapun juga.

T: Apakah Bumi dalam bahaya terkena meteor pada tahun 2012?
J: Bumi selalu menerima dampak komet dan asteroid, meskipun tubrukan-tubrukan besar sangat jarang. Dampak besar terakhir adalah 65 juta tahun yang lalu, dan yang menyebabkan kepunahan dinosaurus. Astronom NASA saat ini sedang melakukan survei yang disebut Spaceguard Survey untuk menemukan besar asteroid dekat Bumi, jauh sebelum mereka menubruk Bumi. Kita telah menentukan bahwa tidak ada ancaman asteroid yang sama besarnya dengan yang membunuh dinosaurus. Semua pekerjaan ini dilakukan secara terbuka dengan penemuan-penemuan di-posting setiap hari di NASA web Kantor Program NEO sehingga Anda dapat melihat sendiri bahwa tidak ada yang diperkirakan akan terkena pada tahun 2012.

T: Bagaimana perasaan ilmuwan NASA tentang klaim menunda hari kiamat?
J: Untuk setiap klaim bencana atau perubahan dramatis pada tahun 2012, di mana ilmu pengetahuan? Mana bukti? Tidak ada, dan untuk semua pernyataan fiktif, apakah mereka yang dibuat buku, film, dokumenter atau melalui Internet, kita tidak bisa mengubah fakta sesederhana itu. Tidak ada bukti kredibel untuk tiap pernyataan yang dibuat dalam mendukung kegiatan yang tidak biasa terjadi pada bulan Desember 2012.

T: Apakah ada bahaya dari badai matahari raksasa diperkirakan for 2012?
J: Aktivitas matahari memiliki sebuah siklus, dengan puncak kira-kira setiap 11 tahun. Dekat puncak kegiatan ini, jilatan api matahari dapat menyebabkan beberapa gangguan komunikasi satelit, meskipun insinyur belajar bagaimana membangun elektronik yang dilindungi terhadap sebagian besar badai matahari. Tetapi tidak ada risiko khusus yang terkait dengan 2012. Maksimum matahari berikutnya akan terjadi dalam kerangka waktu 2012-2014 dan diperkirakan rata-rata siklus solar, tidak berbeda dari siklus sebelumnya sepanjang sejarah. menuju Bumi. Prediksi bencana ini awalnya kuno di titik balik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar