Sabtu, 07 April 2012

Splinter Cell Conviction, Lebih Brutal Dari Seri Sebelumnya

Sam Fisher telah kembali dan kali ini, ia kembali dengan sebuah dendam membara.
Ya, mungkin ini adalah definisi singkat yang paling cocok untuk Conviction. Sam terlihat sangat marah dan dalam setiap kalimat yang diucapkannya, bisa terasa sebuah amarah terpendam yang sulit untuk dilukiskan.
Setiap gerakan, setiap penyelesaian, semuanya terasa begitu nyata dan sekali lagi kami mengatakan, Conviction benar-benar mantap.
 
Kisah dalam game ini mengambil setting waktu beberapa tahun setelah Splinter Cell: Double Agent. Apabila sebelumnya kamu tidak sempat untuk menamatkan atau bahkan memainkannya, maka kamu tidak perlu khawatir akan kebingungan dalam cerita ini.
Intinya kurang lebih seperti ini, putri Sam terbunuh, ia membunuh teman baiknya, Lambert dan ia keluar dari Third Echelon, sebuah organisasi pemerintah yang telah ia anggap rumah selama bertahun-tahun.

Sekarang, ia mendapatkan sebuah bukti yang bisa membawanya ke sang pembunuh putrinya dan ia pun memutuskan untuk kembali beraksi.
Tapi saat ia hanya berencana untuk mencari pembunuh putrinya, justru ia kembali harus berhadapan dengan sang pembunuh yang memiliki rencana untuk melancarkan serangan teroris ke Washington.
Tampaknya pekerjaan Sam sekarang bukan hanya sekedar membalaskan dendam untuk putrinya lagi, tapi juga untuk menyelamatkan dunia.
 
Satu hal yang pasti akan membuat semua kalangan gamer senang disini adalah tidak adanya loading screen selama permainan, kecuali kalau kamu mati.
Mulai dari permainan dimulai, kamu tidak akan pernah mempunyai waktu untuk duduk manis dan mendengarkan cerita mengenai apa yang terjadi. Game ini memang benar-benar penuh dengan aksi.
Mulai dari permainan dan cutscene, semuanya digabung secara sempurna. Kami yakin, Kotakers akan kesulitan untuk melepaskan game ini setelah memainkannya setelah beberapa lama.

Nah, apabila dahulu kala, Splinter Cell selalu identik dengan stealth dan mata-mata, maka kali ini Sam lebih mirip seperti serigala terluka yang siap menerkam dan menghabisi semua musuhnya.
Sam akan mengintai dari kegelapan, mencari waktu yang tepat untuk menyerang dan langsung menghabisi musuhnya dengan kecepatan tinggi. Mungkin saja ada selusinan musuh yang bersenjata dan mereka adalah prajurit yang telah melalui latihan yang cukup ketat dan ekstensif.
Tapi merekalah yang seharusnya khawatir, karena siapa lagi yang bisa menghadapi seorang mantan agen terbaik yang pernah ada di Third Echelon? Bahkan Third Echelon sendiri telah memberikan sebuah julukan yang sangat cocok dengan Sam, yakni Panther yang juga sama mematikannya.
 
Ok, sekarang kita akan kembali ke permainannya. Dulu, kamu akan disibukkan dengan sebuah parameter yang akan menunjukkan apakah kamu sudah aman tersembunyi dalam bayangan atau belum.
Tapi sekarang, Ubisoft telah merubahnya sehingga menjadi lebih mudah lagi untuk dimainkan, walau harus kami akui kadang-kadang bisa membuat kamu sedikit pusing.
Apabila di satu waktu kamu sedang bersembunyi (tentu saja di balik bayangan kegelapan), maka gambar di layar kamu akan menjadi hitam putih. Ini merupakan penanda tersendiri yang menyatakan bahwa keberadaan kamu itu benar-benar aman.
Saat kamu muncul lagi (keluar dari persembunyian), maka dunia di sekeliling kamu akan kembali dipenuhi dengan warna.
 
Disini, yang menjadi salah satu hal yang perlu diperhitungkan apabila ingin bersembunyi sudah tentu adalah lampu dan bayangan. Apabila kamu membutuhkan bayangan kegelapan untuk bersembunyi, yang harus kamu lakukan hanyalah menembak sumber cahaya yang ada dan siaplah sudah bayangan untuk tempat persembunyian kamu.
Elemen lain yang juga penting adalah tempat untuk bersembunyi. Tekan tombol LT (Left Trigger), maka secara otomatis Sam akan langsung berjongkok. Apabila di dekat Sam ada tempat bersembunyi (dinding, kotak kayu atau sebagainya), ia akan langsung merapat ke dinding tersebut.
Bahkan disaat kamu sedang bersembunyi (sambil menekan tombol LT), kamu juga bisa berpindah tempat sembunyi. Seru bukan? Mungkin ini adalah salah satu sistem persembunyian yang paling bagus yang pernah kami temui selama ini.

Kalau di satu waktu, lokasi tempat persembunyian Sam ketahuan, maka cara yang paling baik adalah segera melarikan diri ke tempat yang lebih aman. Dengan begitu, Sam akan meninggalkan sebuah bayangan dari tempat terakhirnya dan ini bisa digunakan untuk menipu musuh.
Musuh hanya akan mengetahui tempat tersebut sebagai tempat persembunyian Sam yang terakhir dan mereka akan terus menembak secara membabi buta lokasi tersebut.
Sedangkan di lain pihak, Sam bisa langsung mengendap mengitari lawan dan langsung menghabisi musuhnya dari belakang.
Jalanya ati2 gan biar gak ktauan

Lalu, bagaimana dengan cara Sam menghabisi musuhnya? Apakah ia hanya akan menembak saja? Untungnya tidak. Sam tidak lagi menyerang dengan niat untuk membuat musuhnya sekedar "diam" sementara, tapi juga membuat musuhnya diam untuk selamanya alias mati.
Pembunuhan menggunakan metode stealth seperti ini benar-benar sebuah perubahan yang sangat fantastis dan membuat kamu berharap akan ada lebih banyak lagi yang bisa dinikmati dari game ini.

Satu sistem yang mungkin menurut kami agak sedikit aneh disini, tapi masih tetap cukup menarik adalah sistem Mark & Execute, dimana Sam akan bisa membunuh beberapa  musuh sekaligus hanya dengan satu pencetan tombol saja.
Yang perlu kamu lakukan sebelum itu hanyalah menandai korban (hingga di atas korban terlihat tanda panah berwarna merah. Apabila masih berwarna putih, ada kemungkinan musuhnya tidak akan mati) dan tekan tombol Y untuk menghabisi mereka.
Mudah? Tunggu dulu. Untuk bisa menggunakan sistem ini, sebelumnya Sam harus membunuh musuh lain dengan tangan kosong sebelum bisa menjalankan sistem tersebut (ada sejenis bar yang menjadi indikasi bahwa Sam sudah bisa melakukan Mark & Execute).
Masalahnya adalah, untuk bisa melakukan pembunuhan dengan menggunakan tangan kosong, kamu harus sangat hati-hati karena kadang kala, ada gerakan kamu yang akan berakibat lokasi kamu ketahuan musuh.
Mark n Execute, konsep baru dlm conviction

Tidak perlu khawatir apabila gamer takut tidak bisa menjalankan itu semua dengan lancar, karena di awal permainan, kamu akan langsung diberikan petunjuk mengenai bagaimana cara memainkan game ini dengan lancar dan mantap.
Single-player campaign yang disediakan benar-benar sangat seru dan sangat sayang untuk dilewatkan. Satu-satunya keluhan kami hanyalah lama permainan yang terhitung cukup cepat. Apakah kamu mengira Conviction hanya sekedar single-player campaign saja? Sangat teramat salah. Conviction memberikan lebih dari hanya sekedar single-player campaign untuk memanjakan para gamer.
Ada co-op campaign, mode Hunter, mode Infiltration dan mode Last Stand. Ditambah lagi, ada sistem tantangan dalam gamenya yang bisa kamu gunakan untuk menguji kemampuan kamu dalam mengeksekusi serangan stealth kamu.
Mode Co-op

Mode co-op juga patut untuk mendapatkan perhatian lebih. Mungkin bahkan lebih baik lagi apabila dibandingkan dengan single-player campaign. Kamu bisa memainkannya bersama dengan teman menggunakan split-screen, System Link dan online support.
Bersama-sama dengan teman kamu, kamu akan memerankan agen Archer dan Ketrel dalam usahanya untuk menemukan kembali WMD yang hilang. Kedua karakter ini pada dasarnya memiliki kemampuan yang sama dengan Sam, tapi untuk bisa selamat, mereka harus bekerja sama.

Serunya lagi, apabila salah satu dari kamu mati, maka habis sudah permainan. Intinya, kamu harus bekerja sama.
Yang cukup menarik disini adalah kamu bisa menghabisi musuh secara bersama-sama dan jujur saja, gambar yang kami lihat waktu itu sangatlah keren dan berhasil membuat kami terpana sejenak. Untung saja kami masih bisa berhenti sejenak untuk membuat review yang satu ini.
Plosotan ahh

Komentar terakhir dari kami, Conviction adalah game yang benar-benar berbeda apabila dibandingkan dengan sebelumnya.
Sam telah menjelma menjadi seorang pembunuh yang menyeramkan dan musuh-musuhnya sudah harus ketakutan menghadapi seorang Sam Fisher. Pendapat kami? Game yang wajib dimainkan dan tidak boleh dilewatkan.
System minimum:
OS: Windows XP/Vista/7
Processor: Intel Core 2 DUO @ 2.0 GHz / AMD Athlon 64 X2 3800+
Memory: 1.5 Gb
Hard Drive: 10 Gb free
Video Memory: 256 Mb
Video Card: NVIDIA GeForce 7800 / ATI Radeon X1800
Sound Card: DirectX Compatible
DirectX: 9.0c
Keyboard
Mouse
DVD Rom Drive
Recommended System Requirements
OS: Windows XP/Vista/7
Processor: Intel Core 2 DUO @ 3.0 GHz / AMD Athlon 64 X2 4600+
Memory: 3 Gb
Hard Drive: 10 Gb free
Video Memory: 512 Mb
Video Card: NVIDIA GeForce GTX 260 / ATI Radeon HD 4870
Sound Card: DirectX Compatible
DirectX: 10
Keyboard
Mouse
DVD Rom Drive
Notes:
Supported Video Cards at Time of Release:
NVIDIA GeForce 7800 / 7900 / 8 / 9 / GTX series
ATI RADEON X1800 / X1900 / HD 2000 / HD 4000 / HD 5000 series
ATI HD 3000 NOT supported at time of release.
Laptop versions of these cards may work but are NOT supported.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar