Minggu, 29 April 2012

NGC 1097, Galaksi dengan Lubang Hitam yang sangat Ganas

Galaksi NGC 1097 adalah sebuah galaksi yang memiliki lubang kitam yang sangat besar dan ganas. Bentuk Galaksi tersebut spiral seperti galaksi kita (Bima Sakti) tapi di pusatnya terdapat lubang hitam ganas dikelilingi oleh badai pembentukan bintang. Galaksi NGC 1097 terletak 50 juta tahun cahaya dari Bumi.


Mata "Sauron" di pusat galaksi disebabkan oleh sebuah lubang hitam mengerikan, yang tidak dapat dilihat tetapi dikelilingi oleh cincin bintang dan bintang-bintang baru yang lahir dengan sangat banyak. Dalam pandangan kode warna inframerah baru dari NASA's Spitzer Space Telescope, daerah di sekitar lubang hitam terlihat seperti cincin biru dan bintang-bintang putih.

Lubang hitam tidak dapat dilihat karena materi dan cahaya terperangkap di dalamnya. Tapi mereka dapat diidentifikasi oleh interaksi gravitasi dengan lingkungan sekitar mereka dan kegiatan benar-benar sangat kacau yang terjadi di sana.

File:NGC 1097 center Hubble.jpg

File:Coiled Galaxy.jpg
File:Phot-35d-04-fullres.jpg[/caption]



Lubang hitam itu sangat besar, sekitar 100 juta kali massa matahari kita, dan ia memakan gas dan debu bersama dengan bintang. Lubang hitam digalaksi kita lebih stabil dari pada lubang hitam di NGC 1097, dengan massa yang hanya beberapa juta kali matahari.

"Nasib dari lubang hitam seperti itu adalah sebuah kawasan riset yang aktif," kata George Helou, wakil direktur NASA's Spitzer Science Center di Institut Teknologi California di Pasadena. "Beberapa teori mengatakan bahwa lubang hitam mungkin tenang dan akhirnya memasuki keadaan kami lebih aktif seperti lubang hitam Bima Sakti."


Galaksi spiral dengan lengan berwarna merah dan jari-jari berputar-putar terlihat di antara debu menunjukkan bahwa lengan galaksi tersebut dipanaskan oleh bintang-bintang yang baru lahir.

Gambar ini diambil saat misi ""cold mission,"" yang berlangsung lebih dari lima setengah tahun. Kalau anda pernah melihat film Lord of The Ring, maka lubang hitam digalaksi NGC 1097 mirip seperti mata Sauron.

Referensi: http://www.livescience.com/space/090723-spitzer-galaxy.html, http://en.wikipedia.org/wiki/NGC_1097

Tidak ada komentar:

Posting Komentar