Rabu, 12 September 2012

WILLIAM JAMES SIDIS Manusia Paling Genius IQ 250-300

WILLIAM JAMES SIDIS (1889-1944)

William James Sidis dianggap sebagai manusia paling cerdas yang pernah hidup di bumi.
Dia merupakan anak dari pasangan Boris dan Sarah Sidis, imigran yang lari dari anti-Semitic Rusiian dan pindah ke Amerika pada akhir abad ke 19. William James Sidis (‘Billy’), yang dilahirkan pada April Mop tahun 1898 mempunyai kecerdasan jauh di atas manusia normal, IQ nya diperkirakan berkisar antara 250-300.
Pada umur 8 BULAN Billy sudah bisa makan menggunakan sendok, sejak umur kurang dari 2 tahun Billy sudah sudah menjadikan New York Times sebagai bacaan paginya.Semenjak saat itu namanya menjadi langganan headline surat kabar : menulis beberapa buku sebelum berusia 8 tahun, diantaranya tentang anatomy dan astronomy. Pada usia 11 tahun Sidis diterima di Univ. Harvard sebagai murid termuda. Harvardpun kemudian terpesona dengan kejeniusannya ketika Sidis memberikan ceramah tentang Four Dimensional Bodies di depan para professor matematika.
Berikut adalah sebagian dari kemampuan luar biasa William James Sidis:

> Mempunyai IQ sekitar 250-300!!! > Mulai makan menggunakan sendok pada umur 8 bulan
> Mengeja dalam umur 1 tahun.
> Membaca The New York Times pada 18 bulan.
> Mulai menulis pada 3 tahun dengan mesin ketik.
> Membaca “Caesar’s Gallic Wars” dalam bahasa latin(otodidak) yang diberikan ayahnya sebagai hadiah ulang tahun ke empatnya.
> Mengusasai huruf Yunani dan membaca “Homer” dalam bahasa Yunani pada 4 thn.
> Mengusai matematika lanjutan dan planetary revolutions pada umur 11 tahun.
> Menguasai Aristotelian logic pada 6 tahun . Pada usia 6 tahun Billy menguasai bahasa Rusia, Perancis, Jerman, Ibrani, Turki dan Armenia.
> Dapat memperhitungkan setiap tanggal dalam sejarah di luar kepala tanpa meleset.
> Menguasai Gray’s Anatomy pada 6 tahun (layak diterima sebagai dalam studen
> memulai grammar school pada 6 tahun, dalam 3 hari 3 tingkat, lulus dalam 7 bulan.
> Pada 8 tahun Billy mengalahkan ayahnya(seorang genius ) dalam matematika.
> Mengkoreksi E. V. Huntington’s matemathics text pada 8 tahun.
 Mampu mengingat semua yang dibacanya secara utuh.
> menulis 4 buku pada usia antara 4 sampai 8 tahun. dua diantaranya tentang anatomy dan astronomy.
> Lulus ujian masuk Harvard Medical School anatomy pada 7 tahun
> Lulus ujian masuk MIT  pada 8 tahun.
> Pada 1909 menjadi siswa termuda pada Harvard (11 tahun)
> 1910, pada usia 11, mengajar Harvard Mathematical Club tentang ‘Four-Dimensional Bodies. Lulus dari Harvard pada 24 Juni 1914 (cum-laude) pada 16 tahun.
> Billy mampu menguasai sebuah bahasa secara sempurna dalam 1 hari!!!
> selama hidupnya mengusai sekitar 200 bahasa, dan mampu menterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain secara langsung.
Satu hal yang disayangkan dalam kehidupan seorang William Sidis adalah bahwa seorang ilmuwan secerdas ini tidak menghasilkan suatu penemuan yang berguna bagi umat manusia. Hal inilah yang menyebabkan seorang William Sidis tidak dikenal oleh kebanyakan orang.
Siapa yang sangka William Sidis kemudian meninggal pada usia yang tergolong muda, 46 tahun – sebuah saat dimana semestinya seorang ilmuwan berada dalam masa produktifnya. Sidis meninggal dalam keadaan menganggur, terasing dan amat miskin.
Orang kemudian menilai bahwa kehidupan Sidis tidaklah bahagia. Popularitas dan kehebatannya pada bidang matematika membuatnya tersiksa. Beberapa tahun sebelum ia meninggal, Sidis memang sempat mengatakan kepada pers bahwa ia membenci matematika – sesuatu yang selama ini telah melambungkan namanya. Dalam kehidupan sosial, Sidis hanya sedikit memiliki teman. Bahkan ia juga sering diasingkan oleh rekan sekampus. Tidak juga pernah memiliki seorang pacar ataupun istri. Gelar sarjananya tidak pernah selesai, ditinggal begitu saja. Ia kemudian memutuskan hubungan dengan keluarganya, mengembara dalam kerahasiaan, bekerja dengan gaji seadanya, mengasingkan diri.

2 komentar:

  1. ya.memang dia luar biasa genius.saat ini.aku pilih dia sebagai no 1 orang genius diantara lain nya.he is my most favourite one.yang lainnya nomor di belakangnya,ya he is ....wow,i respect him so much.more than others.juga simpati atas penderitaannya.salut,simapati dan turut berduka atas nasibnya.sama dengan saya...
    thank you. trima kasih matur nuwun.
    supriyadi.085 2282 47 888.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak supriyadi, tp syang sekali kejeniusannya tidak digunakan untuk memecahkan mslah yg belum terpechkan saat itu, sprti teori segalanya, penyatuan gravitasi-quantum, dll, pdhal kalau dia mau saya yakin pasti dia bisa hehee

      Hapus